Rabu, 01 April 2009

Mwngatasi Flasdisk Terkena virus

TIPS MENGATASI FLASHDISK TERKENA VIRUS

Flashdisk merupakan sarana penyimpan data yang efisien, namun flashdisk juga sangat rentan akan tertular virus/worm itu dikarenakan virus tersebut memiliki autorun. Tidak heran bila banyak komputer yang terkena virus akibat dari seringnya memasang flashdisk secara umum. banyak teman saya yang bertanya kenapa kok data-datanya dalam flashdisknya tiba-tiba hilang, ato kadang file folder miliknya menjadi kosong, jawabannya tidak lain karena flashdisk tersebut sudah terinveksi oleh virus. Hhhhmmm.... kayaknya terlalu panjang ya intronya...he..he..he :)
Oke dah klo gtu langsung aja ya dari pada di marahi banyak orang nih...sebenarnya sih mudah banget kok...

Langkah pertama :
Kenali data yang yang ada pada flashdisk kamu apakah ada file2 kamu yang hilang secara tiba2 (emang hantu.. :) )tapi jangan binun bro...sebenarnya file kamu gak hilang kok cuma di sembunyikan aja ama si virus, jika ada yang mencurigakan ato merasa gak pernah menyimpan file yang di curigai hapus saja (biasanya sih klo file tersebut virus akan balik lagi) lihat apakah ada file yang bertuliskan autorun.inf karena autorun.inf biasanya digunakan oleh sang virus untuk jalan otomatis saat flashdisk tersambung komputer. periksa juga folder2 yang ada lihat secara detail biasanya virus yang berupa folder akan memiliki size lebih kecil dari folder asli milik kita.

oke berlanjut langkah kedua

pada langkah ini kita akan mencoba mematikan proses virus tersebut.
tampilkan semua file yang ada di flashdisk kamu, caranya buka explorer trus klik tab tool > folder option



setelah tampil klik view, kemudian centang yang bertulisan show hidden files and folders kemudian klik ok



atau jika masih belum berhasil ikuti langkah berikut
buka menu run dan ketik CMD



setelah muncul kita masuk ke drive flashdiks kita, jika flashdisk terdapat pada drive f: maka ketikkan f: lalu tekan enter, setelah itu ketikkan attrib -s -h /s /d bisa juga attrib -s -h -r -a /s /d



sedikit penjelasan : -s -h -r -a /s /d adalah untuk menampilkan semua file atau folder yang tersembunyi dan ini di jamin manjurrrr...(file yang sembunyi pasti tampil maksudnya... ).
kemudian lihat kembali isi flashdisk kamu pada explorer disitu akan tampak file-file kamu yang sebelumnya menghilang termasuk juga file autorun milik virus.
sekarang kembali lagi, biasanya kebanyakan file virus terdiri autorun.inf dan file yang berupa folder tiruan yang memiliki size lebih sedikit dan juga ikon-ikon yang janggal misalnya ikon JPG yang berekstensi .exe atau doc.exe bisa juga folder tapi memiliki ekstensi .exe, nah tuh semua yang mesti dihapus cara menghapus bisa langsung di delete ato jika ada yang gagal atau gak bisa di delete hilangkan melalui cmd caranya seperti diatas tadi masuk dulu ke drive flashdisk kemudian ketikkan :
del /a /s /f /q autorun.exe (tulisan yang bercetak miring isi dengan nama file yang akan di hapus lengkap dengan extensinya), kemudian tekan enter



(jika kita kita menambahkan /p contoh : /a /s /f /q /p makan sebelum file di hapus kita akan diberi pertanyaan apakah yakin untuk menghapus ketik saja y kemudian enter. Lakukan penghapusan pada file virus yang lain hingga file virus bersih. (kira-kira mudeng ga' ya...) klo masih belom paham coba pelajari dulu perintah-perintah cmd.

Nah... usai sudah ... sekarang flashdisk kamu dah bersih dari virus tapi dengan catatan komputer yang kamu gunakan juga bersih dari virus, tapi klo dalam komp kamu juga ada virusnya semua usaha kamu akan jadi sia-sia karena sang virus akan balik lagi. untuk tips mengatasi virus pada komputer akan saya jelaskan apada artikel yang akan datang .

selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar